Tips-Tips Dalam Membentuk Tanah Liat


Berikut beberapa tips tips dalam membentuk tanah liat, yang perlu anda ketahui agar berkreasi tanah liat menjadi lebih mudah & menyenangkan.

1. Menambahkan Koran

Bila Anda mingin membuat obyek yang besar, contohnya seperti bola, badan dan obyek - obyek lain yang besar, maka anda dapat mengisi obyek tersebut dengan koran terlebih dahulu, dan setelah itu baru koran tersebut kita lapisi lagi dengan tanah liat, hal ini sedikitnya memiliki 2 keuntungan, yang pertama kita menghemat penggunaan tanah liat dan yang kedua kita juga membuat bobot obyek itu menjadi lebih ringan, karena jumlah tanah liat yang dipergunakan tidak terlalu banyak.

2. Penggunaan Air

Menambahkan air dalam membentuk tanah liat merupakan hal yang sangat direkomendasikan.

Kenapa?

Karena air membuat tanah liat menjadi lebih halus dan lembut, sehingga tanah liat menjadi lebih peka terhadap sentuhan dan itu membuat tanah liat menjadi lebih mudah untuk dibentuk, selain itu pemberian air pada tanah liat juga membuat kesan bermain tanah liat lebih terasa, karena tanah liat akan meninggalkan residu (bekas/jejak) di tangan kita. Sehingga bermain tanah liat akan lebih terasa menyenangkan.

3. Tusuk Gigi

Bila kita tidak memiliki alat - alat mengukir (sculpting tools), maka tusuk gigi adalah bahan alternatif yang sangat direkomendasikan untuk mengukir, tusuk gigi ini akan sangat membantu kita dalam memberikan ukiran pada bagian - bagian tanah liat kita, sehingga tanah liat menjadi tidak benar - benar polos dan itu juga menambah nilai seni tanah liat itu sendiri, dan untuk hasil yang lebih maksimal pastikan tusuk giginya runcing ya.

4. Minyak

Penggunaan minyak pada tanah liat biasanya digunakan pada saat mencetak, jadi sebelum kita memasukkan tanah liat kedalam cetakan, cetakannya kita olesi minyak terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan bantuan kuas atau langsung kita olesi dengan tangan, mengolesi cetakan dengan minyak ini telah terbukti, sangat membantu ketika kita ingin mengeluarkan tanah liat dari dalam cetakan, karena tanah liat menjadi licin, dan tidak bisa menempel pada cetakan.

itulah beberapa tips - tips dalam membentuk tanah liat dari kami, yang semoga dapat membantu anda dalam berkreasi tanah liat, jadi selamat berkarya. :)


Related Post

Latest
Previous
Click here for Comments

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Komentar Anda tentang Artikel Diatas...